Beranda

Followers

Senin, 23 November 2015

UNSOED FAIR 2015 : Hasil Prestasi dan Kreativitas Mahasiswa Tumbuhkan Nalar Inovatif Mahasiswa

UNSOED FAIR 2015 : Hasil Prestasi dan Kreativitas Mahasiswa Tumbuhkan Nalar Inovatif Mahasiswa
(22/11/15) Karya inovatif mahasiswa bukan hanya akan mengembangkan diri mahasiswa itu sendiri, namun juga memberikan manfaat bagi kemajuan peradaban dan kepentingan bangsa kita dalam mensejahterakan bangsa. Selain pengembangan diri secara ilmiah dan akademis. Mahasiswa pun harus senantiasa mengembangkan kemampuan dirinya dalam hal softskill dan kedewasaan diri dalam menyelesaikan segala masalah yang ada. Mahasiswa harus mengembangkan pola pikir yang kritis terhadap segala fenomena yang ada dan mengkajinya secara keilmuan.
Zaman yang terus berubah merupakan salah satu tantangan besar bagi mahasiswa, Sehingga Mahasiswa sebagai kaum intelektual tentu dituntut untuk memiliki nalar inovatif yang tajam. Nalar inovatif tidak akan muncul jika tidak terbiasa mengikuti perkembangan inovasi yang sedang berkembang. Tentu inovasi ini dituntut untuk berguna bagi masyarakat pada umumnya termasuk masyarakat akademisi dan masyarakat umum.
Salah satu stand yang digelar pada pameran produk unggulan UNSOED Fair terdapat karya inovatif mahasiswa yakni di satnd Biro Akademik dan Kemahasiswaan. Karya yang ditampilkan merupakan karya mahasiswa yang telah menjuarai kompetisi di tingkat Jateng-DIY dan Kontingen PIMNAS-28 UNSOED yang mendapatkan Emas dan Perak di UHO Kendari.
Pameran produk unggulan hasil kreativitas mahasiswa menarik diskusi mahasiswa-mahasiswa lainnya. Bahkan tak jarang memunculkan ide pengembangan selanjutnya dari hasil diskusi yang dilakukan. Salah satu pameran produk yang ada pada stand ini adalah prototype pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL) menggunakan turbin savonius termodifikasi “untuk selanjutnya prototype PLTAL ini bisa dikembangkan dengan menambahkan kapasitor sebelum disambungkan ke lampu agar daya yang didapat lebih optimal” ujar mahasiswa teknik elektro yang sedang banyak mengkaji tentang daya lampu.
Begitupun mahasiswa-mahasiswa lainnya yang hendak berdiskusi dengan beberapa karya yang ditampilkan pada pameran produk unggulan UNSOED Fair 2015 ini.
Maju Terus Pantang Menyerah!
(HLD)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar