Beranda

Followers

Senin, 22 Agustus 2011

Don't TRIAL AND ERROR !!

Masa Labil....
Apa yang kita pikirkan dengan kalimat di atas?
Remaja---> inilah salah satu keterkaitan yang pertama muncul dalam pikiran saya ketika mendapat pertanyaan seperti itu (dan saya yakin kawan2 pun bnyak yang berpikiran seperti itu)
apa itu masa labil?
labil bisa dikatakan tidak kokoh, tidak kuat, bingung, dll.
masa labil adalah masa dimana kita banyak mempertanyakan diri kita sendiri, maka dari itu di masa inilah banyak orang yang sedang mencari jati dirinya, adapun masa ini sering disebut masa pubertasi yang sering dibilang dalam bahasa tarbiyah yaitu daulah murohaqoh, dimana ia sedang berada dalam masa peralihan menuju dewasa (yang kalo ngeliat kucing lewat aja dibilang cakep..hhee..) #itu pemahaman menurut saya kawan..^.^
menurut para ahli remaja adalah masa :

  1. Masa mencari hidup seksual yang mempunyai bentuk yang definitif.
  2. Masa remaja sebagai masa kebutuhan saling mengisi.
  3. Masa remaja sebagai masa pertumbuhan dengan perubahan struktur fisik dan kejiwaan yang fundamental.
  4. Masa pembentukan sikap-sikap terhadap segala sesuatu yang dialami individu.
  5. Masa pencarian jati diri.
naah, akan tetapi mirisnya sekarang ini banyak remaja yang mengartikan salah dengan kedatangan masa labil ini, tidak sedikit orang yang mengartikan bahwa masa labil ini TRIAL AND ERROR, maksudnya karena masa labil atau remaja itu adalah saatnya mencari jati diri kita, dan keingintahuan terhadap sesuatu sangat membuming atau meningkat, maka dari itu remaja sekarang banyak yang mencoba-coba, dan akhirnya tidak sedikit juga yang error atau salah jalan..sering kita terjebak dengan kata-kata sepert ini "pergunakan masa remajamu sepuas mungkin, kapan lagi coba.. orang kita ini lagi masa-masanya", hadoooh, jangan sampai salah mengartikan 'lagi masa-masanya' disana.. emang ada yaa masa-masa yang bikin dosa? dehsadis bener tuh kalo Alloh mentakdirkan ada masa-masa 'berdosa'..(untung ngga ada :D)
tahukah kawan, bagaimana hasilnya ketika kita hanya mencobacoba melakukan sesuatu, misalnya kita mengerjakan test atau Ujian dengan cara mencoba-coba tanpa mempunyai tehnik atau ilmunya (tanpa menghapal dan memahami), toh akhirnya kita hanya menunggu keberuntungan kan? yang namanya keberuntungan siapa yang tau coba? kita sebagai manusia tidak akan pernah tau apakah kita akan beruntung atau tidak...(kalau bahasa perancisnya sih mimilikan.hehe)..
nah begitu pun ketika masa labil kita hanya mengandalkan mimilikan , apa boleh buat ^,^

ingat lho kawan !! masa labil atau masa remaja adalah masa-masa yang sangat menentukan untuk kehidupanyang akan datang, sehingga acap sekali masa-masa ini akan menjadi masa yang paling berbekas dalam kehidupan seseorang, so lucu sekali yah teman, kalo masa depan kita hanya ditentukan dengan mimilikan yang tak pasti.hehe..
dan tahukah kawan, orang beruntung yang disebutkan dalam Al-Quran itu (salah satunya) seperti di dalam firman Allah SWT QS Al'alaa : 14-15 yaitu : 1. selalu mensucikan diri.. 2. selalu berdzikir (ingat Alloh).. 3. selalu mendirikan shalat.. --> dan didalam QS. Ali Imron : 104 yaitu 1. orang yang menyeru kepada kebaikan... 2. menyuruh (berbuat) yang ma'ruf... 3. mencegah dari yang munkar..

Jadi, orang yang beruntung itu bukan orang yang mimilikan seperti cerita tadi di atas kawan..
maka, sudahlah mari kita menghadapi masa labil ini dengan kegiatan2 yang baik, dengan men-setting untuk kehidupan yang akan datang, dan jangan dengan TRIAL AND ERROR !!

5 komentar:

  1. MasyaAllah..subhanallah walhamdulillah...

    { hadoooh, jangan sampai salah mengartikan 'lagi masa-masanya' disana.. emang ada yaa masa-masa yang bikin dosa? dehsadis bener tuh kalo Alloh mentakdirkan ada masa-masa 'berdosa'..(untung ngga ada :D) }
    luar biasa.. gak nyangka tulisan sedalem ini ditulis sama adikku yang baru di kelas 11!!

    Hade pisan, Neng.. yang kayak Neng ini remaja harapan bangsa.. :D

    Salam kenal nya, ti Mamang yeuh.. kaleresan lembur pun biang ge di Jatiwangi, Majalengka.

    BalasHapus
  2. udah dishare ke pesbuk nih! :D

    BalasHapus
  3. tidak ada kata lain beribu2 terimakasih, syukron, thank you, udah mengapresiasi blog saya mas.. :)

    dan ngga kalah bagus nya blog punya mas muxlimo juga..hehe

    waahh orang jatiwangi? sebelah mana jatiwanginya?
    saya di deket alun2 majalengka, depan kantor kehutanan..
    skarang kuliah dimana?
    kalo boleh tau ada alamat pesbuk punya mas muxlimo? hehe

    BalasHapus
  4. desain, tampilan, dan konten blog ini layak untuk diapresiasi dan menjadi blog percontohan bagi siswa lainnya. even the best can be improved

    BalasHapus
  5. amin.. makasih banyak bapak.. :)
    semoga dapat bermanfaat :)

    BalasHapus