Beranda

Followers

Jumat, 30 Mei 2014

PURNAMA DAN BARAK SOEDIRMAN

Jumat-16 Mei 2014 malam sabtu tepat malam weekendnya mahasiswa saat itu. Ba’da kumandang adzan Isya parkiran motor depan barak soedirman (read : sekre) sudah mulai berdatangan. Wilayah sekitar barak ramai dengan nuansa genjering, kosidah di masjid itu. Betapa indahnya berlomba-lomba dalam kebaikan dalam naungan islam ini, akhirnya kami ramaikan barak dengan mencoba mengumbara jauh ke tata surya nan luas itu.


Mengarungi langit di akhir weekend, purnama hiasi malam yang gelap. Keanekaragaman ilmu hiasi malam menuju syahdu langit, mencoba hadapi gelisah umat, tuk hadapi indahnya kemenangan teramat. Mulai masuki luasnya tata surya meneropong bagaikan astronot yang sedang meluncur ke bulan, melihat kecilnya bumi tempat kita singgah ini, tapi tetap saja tak kurangi rasa kagum dan syukur “bumi tempat kita tinggal ini syurganya alam semesta” begitu sambung syukur pemateri yang terus profokasi untuk selami laut yang bernama tata surya itu.


Meski background kuliah kami dari berbagai bidang, mencoba “berpura-pura” agar malam itu dapatkan obat cegah galau umat. RAMADHAN KAPAN? Indahnya bulan purnama malam itu bulan seakan mendukung kami mulai masuki sistem koordinat bola, ekliptika langit, ekliptika bumi, khatulistiwa langit, khatulistiwa bumi, segitiga bola, dll

Mencoba berpura-pura fahami, tapi tetap saja tak bisa dibohongi setiap dahi semakin malam mengkerut, ruangan semakin malam semakin longgar, makanan semakin malam hanya tersisa piring tanpa isi, nampaknya mulai muncul rasa pesimis tuk arungi bola langit ini, saling berikan senyuman (nyengir puyeng) layaknya bola dengan koordinatnya yang sedang pemateri gambar di papan tulis. Oh, entahlah apa itu ..
"mengerut dahi wajarr, apalagi banyak orang non eksak disini" ujar pemateri *tahu aja nih bapak hehe*

Akhirnya Software milik PP Muhammadiyah obati ke-pesimis-an kami, dan hasil hisab ijtimak atau konjungsi awal bulan Ramadan akan jatuh pada hari Jum’at 27 Juni 2014, pukul 15:10:21WIB. Adapun tinggi bulan di Yogyakarta adalah 0° 31' 17" , dengan kata lain pada saat terbenam matahari posisi hilal berada di atas ufuk. Dengan demikian, tanggal 1 Ramadan jatuh pada hari Sabtu, 28 Juni 2014, dimana umat Islam akan memulai puasa Ramadan pada hari itu, sementara ibadah tarawih sudah dapat dimulai pada Jum’at malam, 27 Juni 2014 setelah salat Isyak.

Selamat menyambut bulan Ramadhan penuh berkah :))
 

2 komentar: