Beranda

Followers

Rabu, 05 September 2012

Ospek Unsoed


Tema : PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA DALAM MENJAGA KEDAULATAN BANGSA DAN NEGARA DALAM BIDANG RISET DAN TEKNOLOGI

PRODUKTIVITAS SANGAT MENDUKUNG KEMAJUAN NEGARA


Riset secara bahasa berasal dari kata research yakni pencarian kembali, secara pemahaman penulis, riset adalah penelitian suatu fakta ilmiah secara sistematis sehingga mendapatkan apa yang menjadi tujuan dari riset itu sendiri, yakni meningkatkan, memodifikasi suatu fakta menjadi lebih akurat. Teknologi adalah seluruh ide, pemikiran, metode, teknik, maupun benda atau tak benda yang sangat mendukung era moderinasisi, dibuat oleh manusia dan pengaruhnya melebihi pengaruh keputusan presiden sekalipun. Ini pengertian yang dapat penulis simpulkan dari berbagai macam sumber.

Mahasiswa adalah mereka sang pembawa perubahan, ya mahasiswalah agent of change bangsa kita ini. Berawal dari zaman Orde Baru, nama Mahasiswa menjadi sangat berarti di mata Indonesia. Karena mahasiswa sifatnya independen tidak terikat apapun, maka mereka pun bebas bersuara, beraksi terhadap pemerintahan. Maka dari itu masa depan bangsa kita ini sebagian besar ada pada mahasiswa. Ketika mahasiswa tak ada konstribusi bagi Negara, maka tetaplah Negara ini jalan di tempat. Dan ketika kontstribusi mahasiswa muncul bagi Negara, kemajuan pun akan sangat berdampak bagi bangsa dan Negara.

Dewasa kini, di tengah moderenisasi yang telah menjadi jargon setiap diri manusia dan di era globalisasi yang tak dapat kita rem, riset dan teknologi menjadi suatu hal yang sangat urgen. Mengapa? Karena hampir seluruh kegiatan sekarang ini di dukung oleh teknologi. Apa jadinya ketika kita tidak bisa menggunakan teknologi, ya salah satunya kita akan tetap jalan di tempat sebagai Negara berkembang. Karena Negara maju mayoritas mereka adalah Negara yang teknologinya pun maju.

Apa yang menjadi keterkaitan Mahasiswa dengan riset dan teknologi yang harus berperan penting dalam kemajuan bangsa dan Negara? Tentulah hal ini berawal dari diri kita sendiri yang harus menjadi mahasiswa yang berkualitas dalam setiap bidangnya. Mengapa? Kemajuan bangsa kita ini berada di tangan kita yang masih muda, yang dapat memunculkan ide-ide yang lebih berkualiatas, sehingga menyongsong kemajuan bangsa dan Negara. Tanpa menjadi mahasiswa yang berkualitas, tak akan ada peran ataupun fungsi terhadap bangsa dan Negara, lantas ia hanya menjadi sampah yang mengatasnamakan mahasiswa saja. Karena globalisasi ini sangat terkait dengan teknologi, maka ketika kita dihadapkan dengan era globalisasi, kita harus siap berhadapan dengan teknologi yang mempunyai pengaruh besar terhadap bangsa dan Negara. Teknologi akan menjadi raja hutan yang mengamuk ketika kita tidak tepat dalam menggunakannya, yakni bukan manfaat yang dapat kita ambil, dan ketika kita dapat memanfaatkannya dengan baik, teknologi akan menjadi bunga melati yang semerbak harumnya meresap ke dalam rongga-rongga hidung, yakni ia akan menjadi manfaat dan berkembang menjadi pengaruh besar umumnya bagi Bangsa ini. Maka dari itu peran mahasiswa sangatlah penting dalam meriset terkait hal ini.

Banyak hal yang perlu kita pikirkan dan benahi bersama. Dengan maraknya teknologi saat ini, kenapa mayoritas dari kita warga Indonesia hanya menjadi orang-orang yang konsumtif saja, tidak lantas menjadi orang-orang yang produktif sehingga dapat menyongsong untuk kemajuan bangsa dan Negara. Riset inilah yang idealnya perlu kita lakukan agar kita dapatkan hasil penelitian dan kemudian kita ciptakan sesuatu yang lebih bermanfaat dan edukatif, sehingga warga Indonesia tidak hanya menjadi orang-orang yang konsumtif, tidak hanya dibodohi oleh teknologi, tapi kita harus merasa ‘bodoh’ akan teknologi, sehingga munculah rasa keingintahuan yang tinggi dan dapat menciptakan sesuatu yang lebih bermanfaat. Ya, inilah salah satu contoh sikaf  produktif yang dari tadi terus-terusan penulis bahas. Nah, disinilah peran penting Mahasiswa yang memang berada di bidangnya untuk menjadi penggerak bangsa agar dibawa kepada hal yang lebih bermanfaat.

Mengapa sekarang kita terus-terusan berada pada jajaran Negara berkembang? Karena sebagian besar Negara maju adalah mereka yang teknologinya sangat maju dan tentunya mereka produktif. Maka dari itu peran mahasiswa sangatlah penting dalam merangka memajukan riset dan teknologi bangsa Indonesia. Tanpa niat atau tekad yang kuat, sungguh beban berat terpikul di pundak mahasiswa, karena tanggung jawab besar yang harus dijalankan demi menyongsong kemajuan bangsa dan Negara kita ini. Maka dari itu mari kita tekadkan dalam hati demi menjadi mahasiswa yang berkualitas.

Selamat berkarya!!





                                                                  Created By :
 Halida Rahmi Luthfianti
                                                                                 Fakultas Sains dan Teknik/ Jurusan MIPA/Fisika
                                                                                        Kelompok 10 OSPEK UNSOED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar